Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang cukup populer di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, water spinach sering diolah menjadi tumis kangkung sebagai sayur pelengkap bersama ikan atau ayam goreng.

Sayuran ini termasuk dalam famili Convolvulaceae dan tergolong cukup cepat tumbuh dalam kondisi panas dan lembap. Kangkung memiliki kalori dan lemak yang rendah, sedangkan pada daunnya kaya akan vitamin dan antioksidan serta mineral.

Dengan begitu, manfaat kangkung untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Kangkung bisa menjadi alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebelum membahas manfaatnya, yuk simak beberapa fakta menarik berikut:

  • Kangkung memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica. Namun, ia tidak berkerabat dekat dengan bayam, justru lebih dekat dengan ubi jalar.
  • Di China, sering disebut sebagai sayuran bertangkai dan berlubang (kung sin tsai) karena batangnya yang halus dan berongga seperti selada air.
  • Tanaman kangkung memiliki bunga berwarna putih berbentuk terompet dengan bagian tengah berwarna ungu yang biasa muncul di tahap akhir.
  • Dapat dipanen dalam 20 hari saja (sebelum bunganya muncul) dengan perawatan yang mudah dan sederhana.

Kandungan Kangkung

Meski kaya akan nutrisi, namun kangkung termasuk jenis sayuran yang rendah kalori. Terbukti dalam satu cangkir kangkung mentah mengandung sekitar 28 kalori.

Sedangkan secangkir kangkung yang sudah dimasak atau sekitar 56 gram, mampu memenuhi kebutuhan vitamin A harian hingga 70% dan 51% kebutuhan vitamin C harian.

Berikut kandungan gizi dalam 100 gram (g) kangkung segar:

  • Air: 91 g
  • Protein: 3,4 g
  • Lemak: 0,7 g
  • Karbohidrat: 3,9 g
  • Serat: 2 g
  • Kalsium: 67 miligram (mg)
  • Fosfor: 54 mg
  • Zat besi: 2,3 mg
  • Natrium: 65 mg
  • Kalium: 250,1 mg
  • Betakaroten: 2.868 mikrogram (mcg)
  • Karoten total (Re): 5.542 mcg
  • Thiamin (vitamin B1): 0,07 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,36 mg
  • Niasin: 2 mg
  • Vitamin C: 17 mg

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Selain nikmat, kangkung menyimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Ini dia daftar manfaat yang bisa kamu peroleh dari sayur kangkung:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur kangkung yang pertama adalah dapat menjaga kesehata kesehatan mata. Sebab, kangkung kaya akan vitamin A yang mampu memenuhi kebutuhan harian.

Vitamin A juga mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, juga dapat meningkatkan produksi cairan agar terhindar dari mata kering.

2. Menjaga Kerusakan Hati

Sejak dulu, sebagian orang beranggapan bahwa kangkung ampuh untuk melawan kerusakan organ hati. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kangkung dapat memicu produksi enzim detoksifikasi hati.

Berkat enzim inilah hati akan dibersihkan dari racun dan zat-zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan, sehingga organ-organ tubuh, khususnya organ hati menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kamu mudah terserang sakit, bisa dipastikan kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai rajin mengonsumsi sayur kangkung.

Kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 pada kangkung dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.

Mulailah konsumsi kangkung minimal 4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih baik.

4. Mengatasi Anemia

Umumnya, penyakit anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kangkung akan bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Pasalnya, dalam kangkung mengandung fosfor dan zat besi yang ampuh meningkatkan produksi sel darah merah. Hemoglobin ini diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh, seperti jantung dan otak.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat kangkung berikutnya adalah mampu mencegah penyakit diabetes. Berdasarkan sebuah studi, sayur kangkung akan bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh, terutama pada ibu hamil dan janin.

Jadi, tidak masalah apabila kangkung dimasukkan ke dalam menu sehari-hari agar anggota keluarga terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Itu dia beberapa manfaat kangkung yang jarang orang ketahui. Meski memiliki banyak manfaat, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya!

Sebab, mengonsumsi kangkung secara berlebihan dapat menyebabkan kantuk yang nantinya akan berdampak pada tingkat produktivitas sehari-hari.

Yuk, mulai rajin mengonsumsi sayur-sayuran agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Dapatkan kebutuhan harianmu dengan mudah dan murah di TaniHub!

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.

By Larissa